Monday, December 6, 2010

EUBACTERIA DAN ARCHAEBACTERIA

BAB 4 

Arkaebakteria, merupakan satu divisi organisma hidup yang utama. Walaupun filogeni yang tepat masih tidak dapat dipastikan untuk kumpulan-kumpulan ini, Arkea, Eukariot, dan Bakteria merupakan kelas asas dalam apa yang digelarkan sistem tiga domain. Serupa dengan bakteria, Arkea merupakan organisma unisel yang tidak mempunyai nukleus dan oleh itu, dikelaskan sebagai Prokariot — dikenali sebagai Monera dalam taksonomi lima alam. Pada asalnya, Arkea hanya didapati di lingkungan kotor, tetapi kini terdapat di semua jenis habitat.

Bakteri di bagi tiga sesuai dengan bentuknya:

Kokus: monokokus : Bakteri kokus yang tunggal
            Diplokokus: 2 Bakteri kokus yang berdempetan
            Tetrakokus: 4 Bakteri kokus yang kotak
            Stafilokokus: Bakteri kokus yang membentuk Anggur
            Streptokokus : Bakteri kokus yang berbentuk rantai
            Sarkina : 8 Bakteri kokus yang kubus

Basil:   Monobasil : Bakteri basil yang tunggal
            Diplobasil : 2 Bakteri basil yang berdempetan
Streptobasil: Bakteri basil  yang berbentuk rantai

Spirila :Vibrio :Sel yang berbentuk tanda koma
            Spiral: Sel yang berbentuk Spiral.


Metanogen: membentuk gas metana
Halofil : yang hidup di kadar garam tinggi
Thermolasidofil: bakteri yang hidup di tempat yang bersuhu tinggi dan bersifat asam contohnya kawah gunung merapi


Opini :
Berton Setiawan : Eubacteria adalah bakteri sejati. ga tau lagi gw..

Daesy Chrysilla : Eubacteria mempunya berbagai macam bentuk. Eubacteria ada yang berbentuk bulat, persegi panjang, dan berbagai bentuk lainnya. Eubacteria ada yang menguntungkan ada yang merugikan. Eubacteria yang menguntungkan dapat membantu proses penguraian sisa-sisa makhluk hidup. Eubacteria juga membantu proses fragmentasi makanan dan minuman, seperti tempe,dll. Eubacteria juga berguna dalam proses penyuburan tanah. Eubacteria juga berperan dalam proses pembuatan antibiotik dan juga dalam pembuatan zat kimia. Eubacteria yang merugikan dapat membuat makanan menjadi busuk/dalam pembusukan makanan. Eubacteria yang merugikan merupakan penyebab penyakit pada hewan juga.

Theodore Johan: Apa yang saya pelajari pada bab ini ada banyak mulai dari bentuk -bentuk dari bakteri tersebut lalu ada perbedaan antara bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Lalu bab ini berisi kegunaan bakteri, yaitu sebagai obat., Lalu ada perbedaan antara bakteri arkaebakteria yaitu kalau arkaebakteria tinggal pada tempat yang ekstrim seperti kawah gunung merapi dan tempat berkadar asam yang sangat tinggi. lalu ada arkaebakteria yang dapat membuat metanan dan ada juga arkaebakteria yang bisa tinggal di tempat yang mempunyai kadar garam tinggi.

No comments:

Post a Comment