Tuesday, December 7, 2010

JAMUR

jamur (bab 6)
ciri tubuh jamur yaitu :
-ada yang uniseluler dan multiseluler. Namun, sebagian besar multiseluler. Uniseluler berukuran mikroskopik. Yang multiseluler ada yang mikroskopik ada yang makroskopik.
-Bentuk tubuh jamur bervariasi. Ada yang oval pada jamur uniseluler dan pada jamur multiseluler berbentuk tubuh buak atau benang.
-Jamur adalah organisme eukariotik dengan dinding sel yang tersusun dari kitin.
-Jamur multiseluler memiliki sel-sel memanjang berupa benang-benang yang disebut hifa.
-cara hidup jamur menyerap zat organik dari lingkungannya. Jamur bersifat heterotrof.
-berdasarkan cara memperoleh makannya, jamur ada yang bersifat saprofit, parasit, dan mutual
*saprofit : memperoleh zat organik dari sisa-sisa organisme mati dan bahan tak hidup
*parasit : memperoleh zat organik dari organisme hidup lain
*mutual : hidup saling menguntungkan dengan organisme inangnya
-Habitat jamur berada di lingkungan darat dan di tempat-tempat lembab
-Reproduksi jamur ada yang secara aseksual dengan pembentukan kuncup/tunas pada jamur uniseluler, serta pemutusan benang hifa dan pembentukan spora aseksual pada jamur multiseluler. Reproduksi seksual dilakukan secara seksual oleh spora seksual

Jamur yang sudah teridentifikasi sudah mencapai lebih dari 100 ribu jenis. Jenis jamur yang beranekaragam dikelompokan menjadi kingdom fungi.

-ZYGOMYCOTA
Tubuh zygomycota terdiri dari hifa yang tak bersekat. Sebagian besar zygomycota merupakan jamur terestrial yang hidup sebagai saprofit di tanah, makanan, atau pada sisa-sisa tumbuhan dan hewan. Ada yang hidup sebagai parasit pada manusia dan tumbuhan. Reproduksinya secara aseksual dengan fragmentasi miselium atau spora seksual yang dihasilkan oleh sporangium. Secara seksual dengan perkawinan hifa yang berbeda jenis.

-ASCOMYCOTA
Sebagian besar ascomycota adalah multiseluler. Bentuk tubuh ascomycota beragam. Ada yang berbentuk bulat, mangkok, bulat panjang. Alat reproduksi aseksual ascomycota adalah hifa yang berdiferensiasi menjadi konidiofor. Alat reproduksi seksualnya adalah askus. Pada umunya ascomycota hidupnya saprofit pada tanah dan sisa-sisa organisme. Sebagian ascomycota lainnya parasit pada tumbuhan dan hewan. Jamur ascomycota ada yang hidup dilaut dan merupakan salah satu saproba utama. Reproduksi ascomycota secara aseksual dan seksual.

-BASIDIOMYCOTA
Basidiomycota adalah jamur multiseluler yang hifanya bersekat. Tubuh buah pada basidiomicota disebut basidiokarp. Ukuran basidiokarp mikroskopis sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang. Bentuk basidiokarp bermacam-macam. Ada yang seperti payung, kuping, atau setengah lingkaran. Pada bagian bawah basidiokarp terdapat lembaran-lembaran.Pada bagian ini terdapat basidium yang menghasilkan spora basidium. Habitat basidiomycota sebagai saprofit pada sisa-sisa makhluk hidup.Reproduksinya secara aseksual dengan membentuk spora konodia.Reproduksi seksual basidiomycota terjadi melalui perkawinan antara hifa yang berbeda jenis menghasilkan spora seksual, yaitu basidium.
-DEUTEROMYCETES
Deuteromycetes bukan kelompok jamur yang sebenarnya dalam klasifikasi jamur. Setiap jamur yang sudah teridentifikasikan tetapi belum diketahui reproduksi seksualnya dikelompokkan dalam Deuteromycetes atau disebut juga jamur tidak sempurna.

LUMUT KERAK
Lumut kerak merupakan bentuk kehidupan saling menguntungkan antara jamur dan mikroorganisme fotosintetik. Jamur dalam lumut kerak pada umumnya adalah ascomycota, basidiomycota dan deuteromycetes. Lumut kerak melakukan reproduksi secara aseksual yang dilakukan dengan fragmentasi badan vegetatif yang disebut talus atau dengan suatu struktur yang disebut soredia. Reproduksi seksual dilakukan jika jamur yang bersifat simbiosis dengan ascomycota atau basidiomycota menghasilkan aksospora atau basidiospora. Lumut kerak hidup di tempat-tempat terbuka.

MIKORIZA
Mikoriza adalah simbiosis mutualisme antara jamur dan akar tumbuhan tingkat tinggi. Tanpa ada mikoriza, beberapa tumbuhan tidak dapat menyerap air dan mineral yang cukup dari dalam tanah untuk pertumbuhan yang maksimum. Mikoriza dibedakan menjadi 2 yaitu, ektomikoriza dan endomikoriza.Pada ektomikoriza, jamur meliputi akar tumbuhan. Hifa jamur yang menempel pada akar memperluas permukaan akar sehingga akar dapat menyerap air dan mineral lebih banyak. Pada endomikoriza, hifa jamur menginfeksi ke dalam jaringan akar sehingga hifa tidak tampak dari luar.

Opini :
Berton Setiawan : Saya belajar bahwa Jamur atau Fungi sangatlah berguna pada kehidupan sehari-hari. Saya menjadi mengetahui bagaimana jamur bereproduksi, dan saya menjadi mengetahui perbedaan antara jamur dan tumbuhan. Saya juga mempelajari bahwa tidak semua jamur bisa dikonsumsi. Sebelum saya mempelajari fungi, saya tidak mengerti apa gunanya fungi. Tetapi setelah saya mempelajari tentang jamur, saya menjadi mengetahui berbagai kegunaan dari Fungi atau jamur. Jamur bisa digunakan untuk obat obatan, makanan, dan jamur juga membantu dalam memproses beberapa macam makanan, seperti membantu dalam pembuatan tempe, roti, dll.

Daesy Chrysilla : Jamur mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Jamur ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan. Beberapa jamur dapat di makan, namun beberapa jamur ada yang tidak dapat dimakan karena mengandung racun. Jamur yang menguntungkan dapat membantu proses pembuatan makanan maupun minuman. Jamur juga ada yang merugikan seperti jamur yang terdapat pada kulit manusia yang menyebabkan penyakit kulit seperti panu,dsb. Jamur juga ada yang tidak bisa di manfaatkan untuk kehidupan manusia seperti lumut kerak. Lumut merupakan jamur yang tumbuh di batu dan sekitarnya yang hanya membantu penyuburan.

Theodore Johan: Saya belajar bahwa tidak semua jamur itu berbahaya seperti jamur yang bisa digunakan untuk memproses makanan,seperti memproses yoghurt,tempe, roti, bir, dan lain-lain. Ada juga yang dapat di makan,seperti jamur merang dan jamur shitake. Ada juga jamur yang menguraikan sisa- sisa mahluk hidup. Jamur yang mengurai bangkai. Ada pun jamur-jamur yang merugikan manusia seperti jamur muscaria itu adalah jamur yang dapat membuat orang yang memakannya menjadi sakit. Dan ada juga jamur yang tumbuh di kulit manusia yaitu panu.Dan hampir semua jamur tinggal di tempat yang lembab.

No comments:

Post a Comment