Tuesday, December 7, 2010

BIOLOGI SEBAGAI ILMU

Biologi sebagai ilmu



Manfaat biologi bagi pertanian ada banyak seperti petani yang menanam secara tradisional.Dengan ilmu biologi kita bisa menggunakan bibit unggul dan pupuk yang sesusai.Lalu dengan perkembangan bioteknologi  seperti rekayasa genetik untuk membuat tanaman yang bisa mebuat insektisida sendiri.Dan membuat tanaman yang bisa berbuah lebih cepat.
Lalu biologi dalam pertanian Peternakan.Dan membuat inseminasi buatan.
Lalu biologi dalam bidang kedokteran.Tranpalasi organ , untuk menangani orang yang mengalami kerusakan organ tubuhnya. Lalu dengan membuat vaksin-vaksin.Teknih bayi tabung memberi solusi untuk pasangan yang tidak mempunyai anak.
Dan biologi dalamd bidang industri. Seperti
pemanfaatan perkembang organisme dalam industri makanan seperti pembuatan nata de coco,yogurt,kecap, tempe, keju, dan minuman.Lalu pembuatan obat dengan mikroorganisme.

Kerja Ilmiah.
Metode ilmiah, merupakan cara tertentu yang dikerjakan oleh seorang ilmuwan dalam melakukan penelitian.
Menemukan masalah, percobaan di awali dengan suatu masalah.
Mengajukan Hipotesis,  Mengajukan jawaban sementara dari pertanyaan.
Melakukan Percobaan, Untuk menguji kebenaran hipotesis maka kita harus mengujinya.
Menentukan Alat dan Bahan, Sebelum melakukan percobaan maka kita harus menyiapkan alat dan bahan.
Menentuka Variabel, Variabel merupakan ciri objek yang nilainya beragam.
Menarik Kesimpulan,Setelah dilakukan ,kita dapat menarik kesimpulan.Kesimpulan berisi hasil percobaan yang dilakukan.

Opini :
Berton Setiawan : Biologi memiliki banyak cabang-cabang. Biologi berperan penting dalam membantu kehidupan sehari hari manusia. Biologi membantu dalam pembuatan obat obatan, membantu dalam hal pencegahan terserang dari virus, mengelompokkan berbagai macam hewan atau tumbuhan menjadi kelompok kelompok yang memiliki ciri ciri yang lebih spesifik. Biologi juga membantu petani dalam pertaniannya, membantu dokter menyembuhkan penyakit, dan lain lain. Jadi saya belajar bahwa ilmu biologi itu sangat penting dan berperan besar dalam kehidupan sehari hari kita.

Daesy Chrysilla : Setelah saya mempelajari bab ini, saya mengerti bahwa biologi merupakan ilmu pengetahuan yang sangat penting. Biologi mencakup berbagai macam hal. Biologi juga berhubungan dengan berbagai macam hal bahkan dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan manusia. Berbagai macam hal yang dilakukan manusia pasti melibatkan sesuatu dalam biologi. Seperti petani yang menanami sawahnya. Biologi juga berperan penting dalam kesehatan manusia, oleh karena itu ilmu biologi sangat perlu dipelajari dalam proses-proses menjalani kehidupan. Dalam menjaga kesehatan, ilmu biologi juga diperlukan untuk vaksin, dsb. Biologi berperan penting dalam kehidupan oleh karena itu biologi merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari.
Theodore Johan:Hal -hal yang saya pelajari pada bab 1 ada banyak, salah satunya adalah cabang-cabang biologi seperti Mikologi, Virologi, Zoologi, Botani dan cabang- cabang biologi yang lain. Lalu ada cara- cara untuk membuat laporan ilmiah , mulai dari metode ilmiah, lalu menentukan masalah, membuat hipotesis, lalu melakukan percobaan itu, lalu kita membandikan hipotesis kita dengan hasil percobaan yang kita dapat.lalu kita membuat kesimpulan.Kesimpulan berisi hasil percobaan yang kita lakukan tadi.Dan juga ada pelajaran tentang kegunaan biologi dalam pertanian, lalu kegunaan biologi dalam industri seperti menggunakan biologi untuk membuat yoghurt

No comments:

Post a Comment