Monday, December 6, 2010

VIRUS

Virus (Bab 3)

Virus adalah kata latin untuk racun. Sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan, segala penyebab penyakit kita sebut sebagai virus. Pada tahun 1883, A. Mayer, seorang ilmuwan Jerman, melakukan penelitian tentang virus. Mayer berkesimpulan bahwa virus adalah bakteri yang sangat kecil, bahkan tidak dapat dilihat di mikroskop.
I.Ciri Virus
Ukuran dan bentuk
Virus memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu antara 25 – 300 nm. Oleh karena ukurannya yang sangat kecil, maka virus hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop elektron. Virus memiliki bentuk yang bermacam macam. Ada yang berbentuk seperti huruf T, bulat, dan batang.
Struktur dan Fungsi
Virus bukan berupa sel, melainkan virion atau partikel. Oleh karena itu, Ilmuwan menganggap virus bukan mahkluk hidup. Virus dapat menunjukkan ciri makhluk hidup, seperti reproduksi. Virus terdiri dari asam Nukleat dan Selubung Protein.
Asam nukleat adalah pembawa informasi genetika. Sedangkan selubung protein adalah pembungkus asam nukleat. Selubung protein atau Kapsid, tersusun dari protein yang disebut kapsomer. Kapsid inilah yang memberi bentuk virus.
II.Reproduksi
_ Virus menjunjukkan ciri makhluk hidup, seperti dapat bereproduksi. Reproduksi virus hanya dapat terjadi jika berada dalam sel organism lain. Virus hanya dapat hidup sebagai parasit. Reproduksi virus melewati lima tahap, yaitu tahap pelekatan, penetrasi, replikasi dan sintesis, pematangan, dan pelepasan.

III.Habitat
Virus hanya menunjukkan ciri kehidupan saat ia berada pada sel organism lain.Virus yang menyerang tumbuhan dapat menyerang tumbuhan lain, terutama melalui perantara serangga. Virus yang menyerang hewan atau manusia dapat masuk melalui udara, darah, luka, minuman, ataupun makanan.
III. Virus dalam Kehidupan Manusia
Ada beberapa virus yang member kerugian untuk manusia, tapi ada beberapa virus yang memberikan keuntungan atau manfaat.
Virus yang memberi Manfaat
Virus berperang penting dalam bidang rekayasa genetika. Virus digunakan untuk kloning gen yang bermanfaat untuk manusia. Virus juga digunakan untuk terapi gen manusia sehingga penyakit genetis, dapat disembuhkan.
Virus yang Merugikan
Virus dapat merugikan karena dapat menyebabkan penyakit kepada manusia, hewan maupun tumbuhan.
Beberapa virus yang menyebabkan penyakit pada Manusia adalah Virus Influenza, yang menyebabkan penyakit flu pada manusia. Human immunodeficiency virus, yang menyebabkan penyakit AIDS yang mematikan.Polio Virus, yang menyebabkan penyakit polio. Ada juga virus yang menyerang hewan, seperti Rhabdovirus, yang menyebabkan penyakit rabies pada anjing, monyet, kucing, dan bisa juga menyerang manusia. Virus yang menyerang Tumbuhan antara lain adalah Tobacco Mosaic Virus, yang menyebabkan penyakit mosaic pada tembakau, dengan gejala pertumbuhan yang terhambat dan daun yang bercak bercak.
Berton Setiawan :Saya mempelajari banyak tentang virus. Saya dapat mengetahui berbagai macam bentuk bentuk virus dan saya menjadi tahu tentang bagaimana virus bisa menyebar. Saya menjadi mengetahui kalau virus sangatlah kecil, hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Dengan mempelajari virus, saya bisa mengetahui bagaimana virus bisa menyebar, dan saya bisa mencegah dari terserangnya penyakit penyakit yang disebabkan oleh virus. Ada beberapa virus yang memberikan keuntungan dan ada beberapa virus yang memberikan kerugian. Virus yang merugikan contohnya adalah virus influenza yang menyebabkan penyakit flu.

Daesy Chrysilla : Menurut saya bab ini sangat menarik karena menceritakan tentang virus. Virus merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit, jadi virus adalah makhluk hidup yang merugikan.Namun, virus juga ada yang menguntungkan.Dibab ini kita diajarkan bagaimana cara virus berkembang, bagaimana cara virus dapat ada di dalam tubuh manusia, hewan ataupun tumbuhan. Kita juga di beri tahu apa saja yang terdapat dalam tubuh virus. Saya juga mempelajari struktur tubuh virus. Virus merupakan makhluk hidup yang terdapat dimana-mana. Virus dapat berkembang biak dengan 2 cara.

Theodore Johan: Pada bab ini saya belajar tentang virus. Sebenarnya virus itu adalah kata"racun" hanya saja kata ini berasal dari kata latin. Virus juga mempunyai sisi baik dan sisi yang buruk. Contoh virus yang buruk adalah virus penyakit , karena ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti penyakit HIV, AIDS, diare dan masih banyak penyakit lain. Walau virus mempunyai sisi buruk yang banyak ,bukan berarti virus tidak mempunyai efek baiknya. Contoh sisi positif dari virus adalah vaksin. Vaksin dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit tertentu.

No comments:

Post a Comment