Monday, December 6, 2010

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Bab 2)

Makhluk hidup yang ada di sekitar kita sangat beraneka ragam. Keanekaragaman tersebut ditunjukkan dengan adanya variasi bentuk, penampilan, warna serta ciri lainnya. Pengelompokan makhluk hidup akan memudahkan kita untuk keanekaragaman tersebut bisa dipelajari. Karena terlalu banyak keanekaragaman individu, maka para ahli mengelompokan mereka secara sistematis dan bertahap. Cabang ilmu biologi yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup adalah Taksonomi.

I.Proses Klasifikasi
Makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya. Cara pengelompokan berdasarkan ciri morfologi, anatomi, dan fisiologi disebut klasifikasi sistem alami. Cara pengelompokan berdasarkan sejarah evolusi suatu mahkluk hidup, disebut klasifikasi sistem filogeni. Cara pengelompokan berdasarkan ciri yang mudah dilihat disebut sebagai klasifikasi sistem buatan.

II.Sistem Tata Nama Makhluk Hidup
Segala hal memiliki sebutan atau nama. Sistem penamaan yang terdiri dari dua bagian ini disebut system tata nama ganda, atau binomial nomenclature. Sistem tata nama ganda juga memasukkan singkatan nama orang yang pertama kali mengidentifikasi suatu spesies makhluk hidup.
Penulisan nama Ilmiah memiliki aturan tertentu, yaitu nama Genus dimulai dengan huruf besar, sedangkan nama penunjuk spesies dimulai dengan huruf kecil. Kedua bagian tersebut diberi garisbawah jika ditulis dengan tangan. Jika diketik di computer, kedua nama tersebut dicetak miring.

III.Sistem Kingdom
Makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan criteria tertentu. Kriteria tersebut diantara lain adalah:
Manfaat
Tempat Hidup
Ukuran
Alat gerak

Cara pengelompokan lain adalah berdasarkan criteria ilmiah yang dilakukan oleh para ilmuwan biologi. Beberapa system klasifikasi yang sudah dikembangkan para ilmuan biologi diuraikan sebagai berikut.
Sistem Dua Kingdom
Sistem Dua Kingdom adalah system klasifikasi yang pertama. Dalam system ini, makhluk hidup dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok tumbuhan, dan kilompok hewan. Mereka dipisahkan menurut cara memperoleh makanan.
Sistem Tiga Kingdom
Sistem ini muncul setelah adanya mikroskop. Di system ini ditambahkan satu kelompok yaitu kingdom Protista. Sistem ini terdiri oleh kingdom Animalia, Plantae, dan Protista.
Sistem Empat Kingdom
Sistem ini muncul setelah adanya teknik dan alat penelitian yang lebih canggih. Di system ini ditambahkan satu kindom yaitu kingdom Monera. Monera diketahui melalui mikroskop elektron. Sistem ini tediri oleh kingdom Animalia, Plantae, Protista, dan Monera.
Sistem Lima Kingdom
Sistem ini dikembangkan oleh .H. Whittaker pada tahun 1969. Pada system ini, Jamur dipisahkan dari Kingdom Plantae dan membentuk Kingdom Fungi. Kingdom ini terdiri oleh Kingdom Animalia, Plantae, Protista, Monera, dan Fungi.
Sistem Enam Kingdom
Selama bertahun tahun, ilmuwan meneliti kelompok mahkluk hidup yang bernama Archaebacteria. Archaebacteria memiliki ciri ciri yang unik, berbeda dari Kingdom Monera. Archaebacteria lebih mendekati makhluk hidup eukariotik, berbeda dengan Eubacteria yang lebih mendekati ke Prokariotik. Jadi Kingdom Monera dipecah menjadi dua, yaitu Archaebacteria, dan Eubacteria. Di Kingdom ini terdiri oleh Kingdom Animalia, Plantae, Protista, Fungi, Archaebacteria, dan Eubacteria.

Opini :
Berton Setiawan : Dengan mempelajari klasifikasi makhluk hidup, saya menjadi lebih mengerti tentang pengelompokan makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup mengajarkan cara mengelompokkan hewan maupun tumbuhan, menjadi kelompok kelompok yang memiliki kesamaan yang lebih spesifik. Klasifikasi makhluk hidup memudahkan kita untuk mengelompokkan dan mempelajari makhluk hidup.



Daesy Chrysilla : Di bab ini saya mempelajari berbagai hal. Saya diajari bahwa ada beberapa hewan dan tumbuhan mempunya struktur dalam tata nama penamaannya. Berbagai macam hewan di namakan berdasarkan cirinya. Begitu pula dengan tumbuhan. Hewan di kelompokkan berdasarkan cirinya. Begitu juga dengan tumbuhan yang di kelompokkan berdasarkan cirinya.Ciri yang dimaksud adalah manfaatnya, tempat hidupnya, alat geraknya dan ukurannya. Cara pengelompokkan tersebut di kelompokkan lagi dalam kingdom-kingdom. Penglompokkan tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam mencirikan makhluk hidup tersebut.

Theodore Johan::Pada bab ini saya belajar tentang banyak hal- hal . Pada bab ini saya belajar tentang klasifikasi mahluk hidup, klasifikasi mahluk hidup adalah pengelompokan mahluk hidup supaya memudahkan kita . Bab ini juga mengajarkan kita tentang bagaimana awal klasifikasi kingdom, mulai dari sistem 2 kingdom sampai ahirnya yaitu sistem 6 kingdom karena manusia menemukan hewan- hewan dan mahluk- mahluk hidup lainnya.

No comments:

Post a Comment